/Wisata Unik Bekas Tambang di Tebing Breksi Jogja

Wisata Unik Bekas Tambang di Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi Jogja – Selain terkenal akan budaya dan pariwisatanya, Yogyakarta juga akan terkenal akan kreatifitasnya. Baik itu kreatifitas untuk karya seni ataupun untuk membuat tempat wisata bari di Jogja. Salah satu bentuk kreatifitas masyarakat Jogja dalam membuat tempat wisata baru adalah Tebing Breksi Jogja ini.

Sejarah dan Daya Tarik Tebing Breksi Jogja

via www.itjeher.com

Awalnya area Tebing Breksi Yogyakarta ini merupakan area tambang batu kapur yang biasanya digunakan untuk mmebuat rumah. Akan tetapi mulai tahun 2014 pemerintah daerah setempat melarang aktifitas pertambangan yang ada di kawasan ini karena kawasan wisata tebing breksi ini ternyata sebagai area yang dilindungi. Ketentuan tersebut tak lepas dari ditemukannya situs gunung api purba nglanggeran yang kini masih dalam penelitian para ahli. Menurut penelitian tersebut ternyata di lokasi tebing breksi ini memiliki kesamaan kandungan mineral yang sama dengan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Oleh sebab ini makan pertambangan yang ada di kawasan ini harus di hentikan.

Tak kehilangan akan dan kreatifitasnya masyarakat yang tadinya bergantung hidup dengan cara bertambang kemudian menyulap kawasan bekas tambang ini sebagai  tempat wisata baru di Jogja karena melihat topografi tebing yang unik dan memiliki corak khas tersendiri. Berbekal itulah masyarakat dan pemerintah setempat melakukan pemugaran tebing breksi jogja. Mereka mewujudkan pemugaran itu lewat seni pahat berbagai macam bentuk seperti bentuk Naga, Wayang, hingga berbagai macam karikatus yang menarik. Selain itu untuk menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke tebing breksi sleman ini juga terdapat panggung pertunjukan buatan yang komplit dengan bangku yang khas.

Waktu Paling Tepat Mengunjungi Tebing Breksi Jogja

Waktu yang paling tepat jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata ini adalah saat sore hari. Selain karena tidak panas seperti saat siang hari, di sore hari ini kalian bakal di suguhkan pemandangan sunset yang sangat romantis di tambah dengan pemandangan indahnya kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

Fasilitas Tebing Breksi Yogyakarta

Tak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini, karena walaupun ini tempat wisata baru yang ada di Jogja, fasilitas yang di sediakan pun terbilang lengkap. Banyak warung-warung di pinggir yang siap untuk kalian beristirahat ataupun untuk makan dan minum. Selain itu terdapat juga fasilitas seperti Musshola, kamar mandi, dan parkiran yang sangat luas. Bahkan untuk bis-bis saja cukup.

via http://www.wonderfuljogja.com

Di lokasi wisata tebing breksi ini juga terdapat banyak spot-spot foto yang siap untuk kalian gunakan berfoto dan menjadikan tempat ini kenangan yang nggak bakal terlupakan.

Lokasi dan Rute Tebing Breksi Jogja

Lokasi Tebing Breksi ini berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi wisata ini pun juga tergolong tidak susah dan banyak petunjuk arah yang dapat kalian andalkan. Untuk rutenya, jika kalian dari pusat kota Yogyakarta kalian langsung saja menuju arah candi prambanan. Lalu sesampainya di pertiggan pasar prambanan kalian belok ke kanan atau ke selatan menuju arah Piyungan. Dari sini kalian tinggal menuju ke selatan dan kurang lebih annti 3 km kalian akan menemukan arah ke tebing breksi atau candi ijo. Dari sini kalian tinggal 1km untuk sampai ke tebing breksi. Nanti setelah ini sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkan kalian tepat menuju ke tebing breksi.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

via www.piknikdong.com

Untuk masuk kawasan ini kalian tidak perlu mengeluarkan banyak banyak biaya, karena untuk masuk kawasan ini kalian hanya dimintain tarif seikhlasnya dam untuk kendaraan bermotor akan di kenai tarif parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Jadi Sudah siap untuk berwisata ke Tebing Breksi Jogja ini ? Yukk tunggu apalagi, tentukan jadwalnya, dan cari tiketnya di Tiketextra.com