/Menyusuri keindahan bawah tanah di Goa Pindul Jogja

Menyusuri keindahan bawah tanah di Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja – Tak salah lagi Yogyakarta menjadi tujuan utama para wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Di karenakan di Yogyakarta banyak tempat-tempat wisata yang beda dari tempat-tempat lainnya. Disini para wisatawan bakal di suguhkan berbagai macam tempat wisata yang bisa di pilih sesuai dengan keinginan masing-masing wisatawan. Mulai dari wisata sejarah, wisata pendidikan, dan wisata adventure seperti cave tubing di Goa Pindul Jogja.

Sejarah Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja sendiri juga merupakan salah satu icon dari berkembangnya industri pariwisata di Gunung Kidul Yogyakarta. Dulunya di daerah Gunung Kidul ini hanya terdapat beberapa obyek wisata yang di dominasi wisata pantainya. Di goa pindul ini kalian akan disuguhi nuansa alamai daerah pegunungan khas Gunung Kidul yang bakal membuat kalian betah berlama-lama di lokasi ini.

Nama Goa Pindul sendiri berasal dari nama Pindul yang merupakan gabungan dari 2 kata Yaitu “Pipi” dan ” Kebendul”. Goa yang terbentuk sejak zaman dahulu ini menjadikannya salah satu goa alami yang dimiliki oleh Gunung Kidul.

Menurut penuturan warga sekitar, Goa ini memiliki legenda yang sudah turun temurun terus di ceritakan yaitu Legenda yang bercerita tentang dua orang utusan dari panembahan senopati yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang diutus untuk membunuh bayi yang sedang dibawanya. Hanya saja bayi yang menggemaskan itu pun meluluhkan hati keduanya. Sehingga, mereka pun mengurungkan niatnya untuk membunuh bayi tersebut.

Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang berada di puncak ketinggian berniat untuk memandikan bayi tersebut. Kemudaian, Ki Juru Mertani menginjakkan kakinya ke tanah yang kemudian, membentuk sebuah lubang. Dibawahnya terdapat aliran arus air yang begitu jernih. Mereka berdua pun memandikan bayi tersebut. Pada saat memandikan, pipi bayi itu terbentur salah satu dinding Gua. Sehingga, dinamakanlah Gua Pindul. Nama itu pun tidak pernah berubah dan terus dipakai sampai turunan-turunan berikutnya, hingga saat ini.

Daya Tarik dan Hal yang bisa di lakukan di Goa Pindul Gunung Kidul

Foto by traveloskyholiday.com

Daya tarik utama dari Goa Pindul ini adalah stalagtit yang sangat besar. Ukuran dari stalagtit tersebut mencapai 5 rentangan tangan orang dewasa. Konon katanya, air yang menetes dari staglagtit ini dapat menjadikan cantik dan awet muda.

Untuk menikmati keindahak Goa Pindul hanya ada dengan satu cara yaitu, Cave Tubing.

Cave tubing adalah aktifitas menyusuri sungai yang ada di dalam goa dengan menggunakan sebuah ban pelampung. cave tubing sebenarnya hampir mirip dengan rafting. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah, rafting biasanya dilakukan di aliran air sungai yang deras. Sedangkan cave tubing dilakukan di aliran sungai yang tenang.

Goa Pindul Jogja memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter. Terdapat tiga zona yang harus dilalui ketika melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona terang terdapat di area start ketika hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter setelah memasuki pintu goa. Dan Zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul. Ornamen ornamen di dinding goa ditambah dengan ricuhnya kekelawar membuat goa Pindul bak lukisan yang ternilai harganya.

Foto by goapindul.com

Tepat di tengah tengah goa terdapat ruang yang cukup besar, dan uniknya diatas ruang tersebut terdapat sebuah lobang, yang biasanya digunakan sebagai jalur pintu masuk vertikal oleh TIM SAR . Dari lobang ini sinar matahari dapat masuk menyinari ke dalam goa. Sehingga menjadikan pemandangan di dalam Goa menjadi sangat luar biasa indah.

Rute dan Lokasi Goa Pindul Jogja

Untuk menuju tempat wisata Goa Pindul Jogja ini tergolong sangat mudah. Tepatnya berada di Desa Gelaran 1 Kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891 atau kurang lebih 7 km dari pusat kota Wonosari (ibu kota kab. Gunung Kidul) ke arah utara dan kurang lebih 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Jalan menuju ke arah goa Pindul cukup baik dan bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan mobil.

Jam buka dan Harga Tiket masuk Goa Pindul

Untuk jam bukanya, Goa pindul sendiri buka sejak jam 6.30 pagi hingga biasanya jam 17.00 wib. Sedangkan untuk tiketnya jika kalian menginginkan untuk hanya cave tubing maka harga per-tiketnya Rp. 40.000/orang. Dan jika kalian juga ingin rafting maka kalian di kenakan biaya tambahan sebesar Rp. 60.000/orang.

Bingung menuju lokasi ini dan pengen tempat wisata yang selih seru lainnya?

Cek aja di tiketextra.com/tour Banyak paket wisata yang bakal bikin liburanmu lebih berkesan dan asik!