/Kelenteng Sam Poo Kong, Tempat wisata di Semarang yang wajib di kunjungi

Kelenteng Sam Poo Kong, Tempat wisata di Semarang yang wajib di kunjungi

Kelenteng Sam Poo Kong Semarang – Selain menjadi Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, rupanya Semarang juga menjadi salah satu kota tujuan populer untuk berwisata. Tempat wisata di semarang yang sedang populer dan banyak di kunjungi wisatawan adalah Klenteng Sam Poo Kong.

Sejarah Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat wisata klenteng yang juga dijadikan tempat ibadah pemeluk Tridharma (Taoisme, Buddhisme, Konfusianisme). Klenteng ini berdiri di kawasan Bukit Simongan yang awalnya, Klenteng Sam Po Kong merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana dari Tiongkok bernama Zheng He / Cheng Ho yang harus terpaksa berlabuh pada tahun 1416 yang dikarenaka juru mudi kapalnya, Ong Keng Hong sedang sakit.

Saat berlabuh itu Cheng Ho bersama awak kapal lainnya merawat Ong Keng Hong. Namun karena harus melanjutkan perjalanannya, Ong Keng Hong ditinggalkan dengan beberapa awak. Lama kelamaan kondisi Ong Keng Hong kondisinya semakin membaik. Kemudian Ong Keng Hong bersama awak lainnya tinggal menetap bersama warga Bukit Simongan.

Baik Cheng Ho, Ong Keng Hong, dan sebagian awak kapalnya beragama Islam. Setelah membaik, Ong Keng Hong dan awak kapal lainnya mulai menyebarkan agama Islam. Mereka juga selalu menceritakan sosok Cheng Ho yang berani serta bijaksana.

Perkataan Ong Keng Hong tentang Cheng Ho direspons positif oleh warga sekitar. Bersama-sama, mereka membuat simbol penghormatan untuk Cheng Ho di salah satu gua yang disebut Gedung Batu. Simbol tersebut lalu disempurnakan menjadi Klenteng Sam Poo Kong.

Daya Tarik Klenteng Sam Poo Kong

 

Hal yang menarik di Tempat wisata Klenteng Sam Poo Kong ini adalah bangunan-bangunannya. Bangunan klenteng memiliki ciri khas Tiongkok dengan warna cat yang didominasi warna merah. selain itu, ada banyak ornamen dan dekorasi yang ditambahkan oleh umat Kong Hu Cu yang kebetulan tinggal di dekat kawasan tersebut. Sehingga nuansa Islam dari bangunan ini semakin lama semakin terkikis. Namun masih ada beberapa peninggalan berupa tulisan yang bernilai islami di dalamnya.

Kompleks wisata klenteng ini sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu Klenteng Besar dan Gua Sam Po Kong. Selain itu ada juga Klenteng Th Tee Kong dan beberapa tempat lainnya yang digunakan untuk pemujaan. Klenteng Besar dan gua adalah bangunan utama dari kawasan ini.

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong

Lokasi Wisata Sam Po Kong ini berada di Jalan Simongan No. 129 Bongsari, Semarang. Untuk menuju ketempat wisata ini pun tergolong sangat mudah. Lokasinya hanya kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota Semarang atau 4 kilometer dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Harga Tiket Masuk Sam Poo Kong

Harga tiket untuk memasuki kawasan wisata Sam Poo Kong ini terbilang murah. Untuk reguler yang hanya memasuki kawasan klenteng, kalian bisa membeli tiket seharga Rp 8.000 saja. Sementara ada juga paket yang lebih lengkap yaitu dengan membeli tiket terusan ke seluruh lokasi klenteng Rp 28.000 per orang. Klenteng ini di buka dari jam 08.00 pagi, hingga jam 21.00 malam.

Bingung menuju lokasi ini dan pengen tempat wisata yang selih seru lainnya?

Cek aja di tiketextra.com/tour Banyak paket wisata yang bakal bikin liburanmu lebih berkesan dan asik!