/Air Terjun Sri Gethuk, Tempat wisata yang wajib kalian kunjungi

Air Terjun Sri Gethuk, Tempat wisata yang wajib kalian kunjungi

Air Terjun Sri Gethuk – Selain terkenal akan wisata pantainya. Ternyata Gunung kidul juga memiliki destinasi wisata yang juga tak kalah indah dengan pantainya. Tempat wisata tersebut adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki keunikan dan berbeda dengan air tejun lain di Yogyakarta. Air Terjun Sri Gethuk terletak di tebing yang disampingnya mengalir aliran sungai. Untuk itu jika anda ingin mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk anda harus menyusuri sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter.

Foto by datawisata.com

Keberadaan  Air Terjun Sri Getuk memang bagaikan oase di padang gersang. Aliran air terjun yang bermuara di Sungai Oya memang menjadi sumber pengairan bagi sektor petanian sekitarnya. Begitu sampai, pengunjung harus berjalan menuruni tangga untuk sampai di tepi Sungai Oya. Nantinya ada dua pilihan untuk sampai air terjun, yakni naik perahu atau berjalan kaki melewati jalan setapak di sisi sungai. Untuk menaiki prahu ini pun tidak dibutuhkan biaya yang mahal, cukup dengan membayar Rp. 10.000,- kalian sudah bisa menuju lokasi air terjun tanpa capek-capek berjalan kaki.

Setibanya di lokasi air terjun, kalian bakal langsung di sambut dengan suara gemercik air yang mengalir di sepanjang sungai. Air yang menerpa tubuh pun akan terasa begitu sejuk, terlebih jika kunjungan dilakukan di siang hari. Pengunjung juga bisa menceburkan diri di Sungai Oya. Bagi mereka yang tidak bisa berenang, telah tersedia pelampung untuk disewa.

Foto by datawisata.com

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Sejarah Sri Gethuk sendiri menurut legenda masyarakat sekitar, air terjun ini adalah tempat berkumpulnya para jin. Makhluk halus ini dipimpin oleh seorang jin bernama Anggo Menduro.

Di Air Terjun Sri Gethuk ini Anggo Menduro berstatus sebagai pimpinan pasukan jin yang berada di sekitar lokasi air terjun, Jin Anggo Menduro ini konon sangat menyukai kesenian Jawa seperti karawitan dan Jathilan sehingga jin tersebut menyukai alat musik gamelan. Menurut warga sekitar dulunya sering sekali terdengar suara gamelan disekitar Air Terjun Sri Getuk terutama saat menjelang magrib atau sore hari. Dari suara gamelan tersebut masyarakat sekitar merepresentasikan dengan suara “thuk” “thuk” “thuk” dari sinilah nama Air Terjun Sri Gethuk berasal.

Lokasi dan Rute Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Untuk lokasinya Air Terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen Gunung Kidul. Jika kalian ingin kesini pun rutenya juga tidak terlalu susah karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta kalian langsung saja menuju ke arah Jl. Wonosari dan langsung saja menuju arah Patuk. dari Patuk ini kalian kemudian melanjutkan perjalanan ke Sambipitu hingga pertiggan Lanud TNI AU yakni Lapangan Gading. Di pertigaan ini kalian tinggal belok ke kanan menuju arah Playen kira kira setelah 500 meter nanti akan ada petunjuk arah ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Jam buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta
Foto by travelklik.com

Untuk masuk kekawasan wisata ini pun tergolong sangat terjangkau. Untuk menikmati keseluruhan tempat wisata ini anda cukup membayar Rp. 30.000,- yang biaya tersebut sudah termasuk biaya pemandunya. Tapi, sekedar informasi saja harga tiket ini bisa berubah-ubah kapan saja tergantung dari kebijakan pengelola sendiri.

Kalian bisa mulai masuk ke kawasan Air Terjun Sri Gethuk ini sejak mulai pagi hari jam 07.00 sampai sore jam 17.00.

Bingung menuju lokasi ini dan pengen tempat wisata yang selih seru lainnya?

Cek aja di tiketextra.com/tour Banyak paket wisata yang bakal bikin liburanmu lebih berkesan dan asik!